Untuk Pendidikan, Microsoft Kucurkan USD 1 Juta per Tahun


Jakarta - Microsoft menyiapkan dana USD 1 juta per tahun untuk penelitian di bidang pendidikan. Empat negara, termasuk Indonesia, dilibatkan dalam program ini.

Proyek bernama Innovative Teaching and Learning (ITL) tersebut akan meneliti dampak dari teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) dalam transformasi pengajaran dan pembelajaran di sekolah dan pada tingkat sistem pendidikan.

ITL diharapkab bisa meneliti sejauh mana para guru mengadopsi pelaksanaan pembelajaran inovatif di ruang kelas dan sejauh mana penerapan tersebut membantu para siswa dalam pengalaman pembelajaran secara personal.

Seperti dikutip detikINET dari keterangan tertulis yang diterima, Senin (25/1/2010), Microsoft akan menyiapkan $1 juta (USD) untuk diinvestasikan setiap tahunnya. Kajian ini akan dilakukan selama beberapa tahun dan melibatkan empat negara, yaitu Finlandia, Senegal, Rusia dan Indonesia.

Kelompok peneliti pada tingkat nasional baik dari universitas, lembaga penelitian dan lembaga akademis lainnya akan bekerja bersama SRI International untuk menjalankan penelitian di masing-masing negara.

Seluruh metodologi, data dan laporan dalam proyek ini akan terbuka bagi para peneliti di seluruh dunia. Proyek penelitian ini juga akan mengembangkan seperangkat piranti penilaian yang dapat dipakai oleh sekolah dan sistem pendidikan dalam rangka menilai kemajuan mereka sendiri.

"Program Partners in Learning bekerja sama dengan Centre for Strategic and International Studies melakukan penelitian ITL di Indonesia, dan akan memberikan hasil-hasil penelitian yang sangat penting dan bermanfaat ini kepada Pemerintah RI," kata Ananta Gondomono, Academic Program Manager di Microsoft Indonesia sebagai pelaksana program Partners in Learning.

(detik.com)