Wi-Fi 'Sulap' Bus Sekolah Jadi Ruang Kelas Berjalan

Arizona - Cukup banyak waktu dihabiskan para siswa di bus sekolah. Kini berkat teknologi Wi-Fi, waktu tersebut tak lagi terbuang percuma, malah para siswa dapat belajar secara online langsung di dalam bus.

Ya, seperti detikINET kutip dari MyFoxPhoenix, Senin (1/3/2010), sebagian sekolah di Amerika Serikat mulai melengkapi bus dengan sarana internet nirkabel. Salah satunya bus sekolah Vail School District yang beroperasi di wilayah Arizona.

Implementasi teknologi Wi-Fi di bus sekolah ini tentunya untuk mengikuti perkembangan zaman. Siswa sekolah saat ini akrab dengan dunia maya. Laptop seolah jadi perangkat wajib bagi mereka.

"Mereka berada di dalam bus dua jam perhari," tukas Matt Federoff, staff di Vail School District. Itulah alasan mengapa keberadaan Wi-Fi dirasa perlu, misalnya agar para siswa langsung mengerjakan tugas rumah di dalam bus.

Para siswa pun menyambut baik keberadaan bus Wi-Fi itu. Mereka tampak asyik mengakses internet dari laptop masing-masing di bangku bus. Dan mereka tidak lagi berulah tanpa pekerjaan di dalam bus.

Memang ada biaya sampai ratusan dolar yang harus dikeluarkan pihak sekolah untuk memberikan fasilitas Wi Fi dalam bus. Namun biaya ini dinilai pantas dibayar mengingat manfaat yang bisa dipetik.

Vail School District termasuk salah satu sekolah pertama yang menawarkan akses Wi Fi di bus sekolah. Inisiatif ini sepertinya akan segera diikuti sekolah lain di negeri Paman Sam.

(detik.com)