Hijaunya Gree Canyon


Jalan-jalan ke Ciamis, Jawa Barat nggak akan menyesal, deh. Apalagi kalau berkunjung ke Cukang Taneuh atau lebih beken disebut Green Canyon.

Dulu, tempat wisata yang paling populer di Ciamis adalah Pangandaran. Sampai sekarang, pantai yang satu ini pun tetap menyedot banyak perhatian orang. Namun, perlahan tapi pasti, Green Canyon mulai menarik perhatian juga.

Bahkan, rugi rasanya kalau sudah sampai Pangandaran tapi tidak mengunjungi Green Canyon. Abis, jaraknya dari Pangandaran juga dekat banget, sih. Hanya sekitar 31 KM. Ya, paling hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit berkendaraan untuk sampai tempat ini.

Tapi, kedekatan jaraknya dengan Pangandaran bukanlah alasan utama kenapa kita harus mengunjungi tempat ini. Alasan sebenarnya sih, karena pesona dari Green Canyon itu sendiri. Bayangkan saja, paduan antara sungai, pohon dan tebing menjulang tinggi yang menyatu dengan udara yang segar bikin kita betah berlama-lama di Green Canyon.

Untuk menikmati keindahan tersebut, hal pertama yang harus kita lakukan adalah menyewa perahu seharga Rp. 110.000,-. Perahu yang bisa menampung hingga lima orang ini akan membawa kita menyusuri sungai Cijulang. Sepanjang aliran sungai ini, kita akan disuguhkan oleh hijaunya pepohonan yang sangat memanjakan mata.

Aliran sungai ini akan mencapai akhirnya di sebuah tempat yang terlihat seperti gua. Dari sini, kita harus berhenti untuk melanjutkan perjalanan dengan berenang. Jangan takut tenggelam, kan ada life jacket yang memang disediakan saat kita menyewa perahu.

Rasakan sensasi berenang di air dingin dengan tebing yang sangat tinggi mengapit di kiri kanan. Selain kecoklatan, tebing-tebing ini juga terlihat hijau karena lumut dan pepohonan yang membalutnya. Di beberapa titik, kita juga bisa melihat ada tetesan air dari atas tebing yang terlihat seperti air terjun mini. So amazing!