Bing dan Yahoo 'Gigit' Google

Fino Yurio Kristo - detikinet

Jakarta - Kompetisi di segmen pencarian online kian seru dengan Google, Yahoo dan Bing menjadi pemain utamanya. Bulan Maret 2010 mencatat hasil cukup menarik soal persaingan ketiganya dalam mempertahankan 'gigitan' kue bisnis.

Google memang masih sangat perkasa di puncak, namun pangsa pasarnya sedikit 'tergigit' oleh Yahoo dan Bing. Ya, Google kehilangan sedikit market share sedangkan dua rivalnya mencatat kenaikan.

Pada bulan Maret menurut data comScore, Google memiliki 65,1% pangsa pasar. Dikutip detikINET dari WebProNews, Minggu (11/4/2010), persentase ini menurun dari bulan sebelumnya yang mencapai 65,5%.

Sedangkan laju peningkatan Bing belum terbendung. Untuk 10 bulan berurutan, mesin cari andalan Microsoft ini terus menaikkan kekuasaannya menjadi 11,7% di bulan Maret dari yang sebelumnya 11,5% di Februari.

Sedangkan Yahoo berhasil lepas dari mimpi buruk. Setelah 13 bulan berurutan anjlok, tak dinyana pangsa pasar Yahoo berbalik meningkat di bulan Maret menjadi 16,9%. Di bulan Februari, Yahoo memiliki 16,8% kue pencarian online.

Yahoo tentu berharap hasil tersebut bisa menjadi titik balik peruntungannya untuk bulan-bulan mendatang.